Sikap menyalahkan diri sendiri dan keadaan


Semua orang pasti punya masalah kehidupan, entah itu besar atau kecil tergantung kita menyikapinya seperti apa. 
Apakah itu sesuatu yang harus segera diselesaikan karena teralu besar? Ataukah akan lari karena tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut? Kita yang memegang kendali atas diri sendiri dan tentunya sangat tidak relevan jika tertimpa sebuah masalah lalu menyalahkan orang lain sebagai pembenaran diri.

Apakah kamu termasuk golongan yang sering menyalahkan diri sendiri secara berlebihan? Maksud berlebihan disini adalah disaat kamu memag benar-benar tidak mampu menyelesaikannya kemudian kamu hana meratapi kekecewaan karena memang kamu benar-benar butuh bantuan dari orang lain.

Menyalahkan diri sendiri saat tidak mampu menyelesaikan masalah hanya akan berujung kepada rendah diri dan tidak adanya keberhargaan diri. Di dalam diri hanya tertanam bahwa orang lain lah yang hebat sedangkan diri sendiri terbentuk dengan penuh kekurangan. Kita tahu bahwa semua manusia pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi tetap saja bentuk kekecewaan hanya akan diimplementasikan kepada diri sendiri.

Pemicu utama biasanya terlalu memberatkan diri sendiri dengan beban yang bahkan kamu pun tidak mampu menghadapinya. Tolak ukur kemampuan hanya kamu yang tahu memang menjadi multi talenta sangat mengasyikan jika dilihat dalam sekilas, tapi jika terlalu sering bahkan setiap hari. Kondisi fisik dan Jiwa tidak akan selamanya siaga untuk mengerjakan dua hal atau lebih secara bersamaan.

Kemudian kamu menjustifikasi bahwa kamu adalah orang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang besar akan segala hal. Bukan karena takut akan kesalahan tapi hanya ingin suatu hal berjalan sesuai dengan rencana yang kamu buat, rasa tanggung jawab memang dibutuhkan karena manusia akan dituntut bertanggung jawab dalam hal apapun tapi tunggu jika tanggung jawabmu berlebihan itu sudah dikatakan keluar jalur. Misalnya kamu mempunyai teman yang sedang kesulitan kamu sangat ingin membantunya tapi apalah daya dengan alasan tertentu kamu tidak bisa. Disinilah muncul dorongan untuk menyalahkan diri sendiri karena tidak mampu untuk membantu.

Bagi kamu yang doyan menyalahkan diri sendiri cobalah untuk me time atau dengan kata lain meluangkan waktu untuk sekedar merenung dan berpikir apakah dengan menyalahkan diri sendiri sudah benar? Mungkin saja dengan me time mampu menyegarkan kembali mentalmu dengan beban berat yang kamu pikul selama ini.

Segala sesuatu adalah baik jika tidak berlebihan. Karena dengan berlebihan akan muncul hal-hal yang mungkin saja tidak diinginkan, dunia tidak butuh orang yang sok kuat. Dunia hanya butuh  orang yang mampu berdamai dengan diri sendiri dan keadaan, cobalah untuk tidak menyalahkan orang lain dan diri sendiri karena cobaan dan ujian dihindari pun akan selalu ada karena itu adalah bumbu agar hidup lebih terasa berharga. Tuhan tidak akan memberi ujian melebihi batas kemampuan umatnya, jika kamu didapati masalah yang kamu anggap besar. Itu adalah bentuk kamu memang mampu untuk menyelesaikannya. Sekian dan Terimakasih


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sikap menyalahkan diri sendiri dan keadaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel