Bagaimana jika nyamuk punah dari muka bumi?




Serangga yang memiliki sayap ini kadang menjadi seekor penganggu karena suaranya yang berdengung di dekat telinga kita. Nyamuk yang terdengar dekat telinga biasanya tidak mengigit, menurut Dr. Cameroon Webb, ahli kedokteran entomologi dari Universitas Sidney, nyamuk jenis ini adalah nyamuk rumahan berwarna cokelat dan tempat berkembang biaknya adalah selokan dan genangan air. Ada lebih dari 3.000 spesies nyamuk di muka bumi sebagian ada yang nyerang dan ada juga yang tidak.

Nyamuk menyukai suhu tubuh yang panas apalagi di dekat telinga yang hampir mendekati suhu tubuh inti. Dan juga Dr Cameroon menjelaskan bahwa nyamuk sangat tertarik dengan alur pernafasan manusia, dia cenderung akan berputar untuk merasaka karbondioksida yang dikeluarkan. Penggunaan lotion dan alat pengusir nyamuk tidaklah begitu berguna sebab dibutuhkan alat untuk melancarkan udara seperti kipas angin, nyamuk akan sulit terbang karena hembusan angin yang kuat dari kipas angin. Lantas bagaimana jika nyamuk punah?
  •       Menyelamatkan ribuan manusia

Jenis penyakit yang berbahaya adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti atau biasa kita sebut sebagai nyamuk Demam Berdarah (DBD). WHO mencatat diperkirakan ada 50-100 juta kasus demam berdarah di seluruh dunia setiap tahunnya, sangat mengerikan kedengarannya karena penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue.
  •  Rantai Makanan


Meskipun sebagian hewan seperti Katak,Ikan,Cicak dll adalah hewan pemangsa nyamuk tapi mereka tidak bergantung sepenuhnya kepada nyamuk sebagai makanan mereka. Karena ditemukan dalam Jurnal Nature bahwa spesies ini akan mencari makanan alternatif penganti nyamuk untuk mereka bisa bertahan hidup. Dalam waktu singkat kesenjangan rantai makanan akan terganti oleh organisme yang lain. 
  • Penghapusan sebagian jenis yang berbahaya

Sebenarnya, para ilmuwan telah berusaha untuk memberantas nyamuk dengan menggunakan metode inovatif tertentu untuk waktu yang lama. Salah satunya termasuk membuat perubahan target tertentu dalam kode genetik nyamuk secara sedemikian rupa sehingga menghasilkan lebih banyak keturunan laki-laki daripada keturunan perempuan. Teknik ini melibatkan penggunaan enzim tertentu yang mempengaruhi kromosom X-nyamuk selama produksi sperma, yang akan menghasilkan kelahiran lebih banyak keturunan laki-laki. Dengan cara itu, kapasitas spesies nyamuk berbahaya tertentu untuk membuat koloni yang lebih besar akan berkurang secara signifikan. Seperti yang kita ketahui, hanya jenis nyamuk betina yang mengisap darah manusia.

Jadi apakah jika nyamuk punah adalah sesuatu yang berbahaya? Haruskah kita sebagai manusia memberantasnya demi kebaikan?


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana jika nyamuk punah dari muka bumi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel