Cara Belajar Yang Baik dan Benar

Belajar merupakan suatu kegiatan yang dapat mempertambah wawasan dan juga pengalaman. Dalam masa sekolah seringkali terasa malas dalam Kegiatan Belajar, Namanya juga manusia terkadang ada semangatnya kadang juga ada bosannya. Jika rasa bosan itu datang menghampiri terkadang apa yang dijelaskan oleh guru didepan seringkali tidak masuk dalam otak kita. Alhasil kita ketinggalan.

Belajar sendiri bias dilakukan oleh semua orang. Entah itu dengan adanya kehadiran guru pemateri ataupun tidak (otodidak). Apa bedanya seseorang yang belajar dengan guru dan seseorang yang belajar secara otodidak? Perbedaannya sangat signifikan karena yang belajar dengan guru ketika melakukan kesalahan mereka bias langsung tahu salahnya apa dan dimana letak kesalahannya. Sedangkan otodidak terkadang bingung untuk menemukan letak kesalahan dalam proses pembelajarannya

Inilah tips belajar yang bisa saja membuat kegiatan belajar kamu menjadi lebih baik dan efektif dari sebelumnya dan pastinya bikin wawasan kamu semakin bertambah hari demi hari. Nah apa saja tips nya, mari simak pembahasan berikut.

1. Bangun Minat
Kegiatan Belajar yang efektif adalah ketika kamu minat dan menyukainya. Mengapa? Kok bias seperti itu? Percayalah ketika kamu menyukai suatu hal secara tidak sadar hati kamu menginjikan hal itu untuk kamu dapatkan tapi jika saja kamu tidak menyukainya atau karena terpaksa akan ada mental blok. Apa itu mental blok? Mental Blok adalah suatu penghalang saat suatu hal akan masuk dalam otak karena hati tidak mengijinkan hal tersebut, banyak orang yang berkata “orang sukses adalah orang yang bias mengsinkornasikan antara hati dan otak” kata-kata ini memang benar adanya.

2. Menjadi Peniru Yang Baik
Sesungguhnya semua orang pintar di dunia ini adalah peniru yang baik, mereka juga sama awalnya tidak tahu apa-apa sebelum belajar. Setelah melakukan kegiatan belajar mereka meniru apa yang sudah ada lalu mengimplementasikan dengan baik. Banyak orang yang salah dalam konsep meniru ini karena hanya bias meng copy tanpa bisa mem paste

3. Disiplin
Kadang kala manusia sangat sulit untuk disiplin. Karena tidak terlalu paham akan arti disiplin sebenarnya. Disekolah kata disiplin diterapkan untuk hal-hal yang berat sebab itu lah disiplin menjadi hal yang membosankan. Tapi apa itu disiplin? Disiplin adalah fokus dalam satu hal dan meninggalkan hal yang lain. Jika saat kamu sedang memikirkan pelajaran juga memikirkan pacar, apakah kegiatan belajarnya menjadi baik? Justru materi yang dijelaskan hanya akan mengambang tanpa masuk ke dalam otak. Itulah mengapa butuh disiplin dalam belajar.


4. Praktek
Seperti yang kita tahu bahwa teori terkadang sangat jauh dengan praktek. Nah untuk mensiasati kekecewaan saat belajar maka langsung praktekan apa yang telah kamu pelajari, mau itu berhasil atau tidak tergantung kamu yang mengimplementasikannya. Keberhasilan akan menghasilkan rasa puas karena apa yang telah dipelajari berhasil di implementasikan dengan baik. Sedangkan kegagalan akan menghasilkan usaha dan pengorbanan lebih supaya mencapai sebuah keberhasilan yang diinginkan.

5. Bertahap
Yang terakhir adalah belajar dengan bertahap, seperti yang pemula ketahuilah hal yang kamu pelajari dari dasar-dasarnya karena jika kamu langsung melangkah keatas dengan tahap lanjutan akan membuat kamu berhenti belajar karena kebingungan dan tidak tahu pemecah dari masalah tersebut.

Usia bukan alasan untuk behenti belajar. Karena setiap waktu akan selalu ada hal baru yang bahkan kamu tidak ketahui. Rasa malas dalam belajar masih wajar tapi jika sudah mencapai rasa malas berpikir dan tidak mau belajar adalah hal yang mengerikan. Sekian dan Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Belajar Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel