Sedekah bukan hanya uang



Dari dulu kita diperkenalkan dengan sedekah melalui kata “Lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah”
tapi bagaimana jika seseorang tidak punya apapun untuk diberikan kepada oranglain? Dengan kata lain hidup untuk dirinya sendiri?

“Dalam tubuh manusia ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk setiap ruas tulang tersebut” (HR Ahmad, no. 21920)

Selama ini kita menganggap bahwa sedekah adalah sebuah pemberian berupa Materi,Barang dan lain sebagainya. Secara tidak langsung kita menganggap sedekah hanya untuk orang kaya saja, tapi faktanya selagi kita hidup dan sehat bisa juga loh bersedekah.

Dengan bersedekah apapun yang kita punya sadar atau tidak lama kelamaan malah bertambah dan bahkan tidak mungkin untuk habis. Karena disitu terdapat perasaan bahagia dan keihklasan yang mungkin menjadi alasan mengapa manfaat sedekah sering dirasakan oleh mereka yang ikhlas.
·         Pengertian Sedekah

Sedekah/Shadaqah adalah pemberian seseorang kepada orang lain dengan sukarela atau ikhlas. Sedekah berarti berbagi kepada sesama dalam bentuk kepedulian ataupun meringankan beban orang lain.

·         Beberapa Macam Sedekah
1.    Sedekah ilmu
Cakupan dari sedekah ilmu sangat luas, sekedar menjawab pertanyaan seseorang saja kamu bisa disebutkan sedekah karena dengan kamu menjawab. Dia  yang tadinya  tidak tahu menjadi tahu. Seperti guru, bersedekah ilmu setiap hari, dari kamu mulai masuk sekolah sampai kamu lulus beliau tetap memberi tahu apa yang kamu tidak tahu. Apakah ilmunya habis? tidak, malah semakin lama ilmu itu semakin bertambah.

2.    Sedekah Kebahagiaan
Setiap bertemu dengan orang kita diharuskan melakukan 3S. Senyum,Sapa dan salam dengan kamu memberikan senyuman kepada sesama. Secara tidak langsung kamu menghibur orang tersebut dari kekacauan hati. Kamu yang setiap hari berkata-kata santun dan senantiasa mendoakan sesama dari perkataan agar ia tidak terpuruk dalam menjalani hidup. Kamu sudah bersedekah kebahagiaan karena mampu merubah perasaan seseorang.

3.    Sedekah Cinta Kasih
Sedekah ini dilandasi dengan rasa cinta karena kamu mengasihi orang tersebut. Sedekah cinta kasih tidak harus berbentuk materi ataupun barang-barang mahal karena kamu cinta tapi dengan menasehati,mengarahkan orang saja kamu sudah sedekah Cinta Kasih kepada sesama. Karena kepedulian kamu lah yang membuat cinta itu tumbuh dalam hati yang tidak mengharapkan imbalan apapun tapi selalu membekas bagi orang yang kamu sedekahi.

4.    Sedekah Waktu
Waktu yang kamu habiskan untuk gotong royong atau kerja sama bisa dikatakan sedekah. Perlu diingat bahwa sedekah tidaklah hanya memikirkan diri sendiri, dengan kamu yang tadinya mempunyai urusan pribadi lalu menyempatkan diri untuk membantu sesama. Wah hebat sekali karena jarang manusia yang bisa menyempatkan waktu untuk membantu meringankan beban sesama.

Mulai sekarang gantilah pernyataan bahwa sedekah harus dengan materi ataupun barang. Menjadi apa yang kamu punya dan bisa dibagikan. Sekedar senyum saja bisa menjadi sedekah apalagi yang lebih. Percaya deh apapun yang kamu bagkan tidak akan pernah habis malah semakin bertambah. Kalau tidak sekarang mau kapan? Selagi bisa dan masih hidup maka lakukanlah.

Sekian dari saya tentang Sedekah bukan hanya uang, jika suka dengan artikel
ini kiranya menyempatkan waktu untuk mengklik like. Dan berikan tanggapan
pada kolom komentar, klik ikuti untuk artikel menarik lainnya

Penulis: Sofian
Sumber: Pengalaman Pribadi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sedekah bukan hanya uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel