Urusan Hati Orang Lain Bukan Urusan Kamu

     Pernahkah anda mendengar kata "People Pleaser?" People Pleaser adalah istilah untuk seseorang yang menganggap bahwa perasaan orang lain adalah tanggung jawab mereka. Mereka pada People Pleaser sangat kesulitan untuk mengatakan tidak ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan mereka. Mungkin sebagian dari kamu akan berkata "Kita kan manusia harus tolong menolong" Memang, tapi apakah kamu tetap akan menolong mereka meskipun kamu tau bahwa itu akan merugikan diri kamu sendiri?

    Banyak dari para remaja kesulitan saat menolak ajakan atau pertolongan orang lain meskipun mereka tahu hal itu merugikan dirinya sendiri. Dalam pembahasan ini saya akan memberikan alasan tentang kenapa urusan hati orang lain itu bukan urusan kamu.

1. Ketersinggungan itu diterima bukan diberikan.

    Salah satu alasan umum para "People Pleaser" adalah "Gimana kalo dia tersinggung?" ketersinggungan itu diterima bukan diberikan, Jika ada satu waktu ketika kamu dikatain jelek. Apa yang pertama kali kamu pikirkan? Ya jelas siapa yang berbicara bukan? Jika yang berbicara adalah teman kamu yang mana orang nya banyak becanda kamu mungkin akan menganggap itu sebuah hal yang biasa saja karena kata-kata tersebut keluar dari seorang teman yang banyak becanda. Jika dari orang lain? Ya kamu seharusnya berpikir ulang itu adalah hinaan atau hanya bercanda. Semuanya kembali kepada kamu sebagai penerima.

2. Berkata tidak itu tidak ada salahnya

    Ketika ada seorang teman,kerabat atau siapapun yang membutuhkan kamu disaat kamu sedang ada kesibukan, mengatakan "Mohon maaf saya tidak bisa" itu tidak salah. Tidak perlu terlalu overthinking masih ada orang lain yang akan membantu masalah mereka jika memang hal tersebut diperlukan.

3. Belajar untuk mengungkapkan ketidak setujuan

    Terkadang saya merasa sangat miris kepada orang yang jelas tidak mau melakukan suatu pekrjaan tapi tetap melakukannya karena alasan sungkan untuk menolak. Mengungkapkan ketidak setujuan memang tidak mudah tapi kamu harus belajar untuk itu, menjadi seseorang yang iya iya aja tidak ada untungnya selain dari dimanfaatkan orang sekitar. Apa yang kamu dapat? Tidak dapat apa-apa

4. Konflik akan menjadikanmu sebagai orang yang kuat

    Rasa aman memang dibutuhakan oleh setiap orang. Tapi berselisih paham dengan orang lain adalah hal yang sangat biasa, dengan konflik kamu bisa mempelajari tentang seperti apa karakter seseorang,bagaimana menghadapinya dan apa yang hal yang harus kamu lakukan supaya konflik tersebut segera teratasi. Hal ini menjadikanmu seseorang yang lebih baik karena ada proses pembelajaran disitu.

    Hidup akan jadi jauh lebih indah ketika kamu menyadari bahwa urusan hati orang lain bukan urusan kamu karena kamu akan punya banyak waktu dan tempat untuk memikirkan hal lain yang lebih penting daripada itu, mereka bisa mencari kebahagiaan mereka sendiri tanpa bantuan dari kamu. Terkadang kepedualian kita membuat mereka merasa risih tanpa kamu sadari. Biarkan mereka menjalani kisah hidup mereka sendiri kita hanya perlu lihat dan pelajari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Urusan Hati Orang Lain Bukan Urusan Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel